Ibu Kota Arab Saudi Di Guncang 2 Ledakan Besar

Ibu Kota Arab Saudi, Riyadh, diguncang dua peristiwa ledakan besar, yang juga terjadi saat rentang waktu kurang dari sepekan. Peristiwa ledakan pertama terjadi pada Sabtu (23/1/2021), ketika itu militer Arab Saudi mengumumkan bahwa mereka berhasil mencegat misil yang juga ditembakkan ke arah Riyadh. Ledakan kedua yang juga cukup besar terjadi pada Selasa (26/1/2021) beberapa saksi mengaku mendengar dua suara dentuman keras, dan juga melihat kepulan kecil asap di atas Ibu Kota sekitar pukul 13.00 waktu setempat.

Sehubungan dengan ledakan kedua, belum ada konfirmasi dari Pemerintah Arab Saudi, maupun klaim tanggung jawab apa pun yang juga terkait dengan peristiwa itu. Meski demikdian, sejumlah video amatir yang juga beredar di meddia sosdial menunjukkan sebuah rudal dicegat di langit Riyadh sebelum mencapai sasarannya.

Houthi diketahui telah berulangkali meluncurkan serangan drone dan juga rudal lintas batas, yang juga menargetkan infrastruktur minyak dan juga sipil di Arab Saudi. Serangan-serangan itu mulai diluncurkan sejak Arab Saudi memulai intervensinya di Yaman pada 2015 untuk memulihkan pemerintahan yang juga sebelumnya telah digulingkan Houthi. Meski demikdian, Houthi membantah berada di balik serangan hari Sabtu, sebaliknya sebuah kelompok yang juga menamakan dirinya Alwiya Alwaad Alhaq mengaku bertanggung jawab terhadap serangan itu.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *