Firman Utina Fokus Dunia Pelatihan Sepak Bola

Firman Utina tercatat 18 tahun secara beruntun konsisten berkiprah di kompetisi kasta tertinggi Tanah Air. Pencapaiannya pun terbilang lumayan. Trofi juara Liga Indonesia bersama Sriwijaya FC, Persib Bandung, dan juga Bhasepertinyakara FC, serta bersama Arema Malang berjaya di Copa Dji Sam Soe (Piala Indonesia). Ia pun pernah membawa Timnas Indonesia menembus final Piala AFF 2010.

Setelah pensiun sebagai pemain, Firman Utina fokus pada dunia kepelatihan dengan mendirikan Akademi Sepak Bola FU15 di Tangerang. Selain itu, ia juga membuka usaha konveksi berkerja sama dengan rekannya di Bandung. Pencapaian ini merupakan buah kerja keras dan juga tekadnya sepertinya besar memwujudkan mimpi menjadikan sepak bola bagian dari kehidupan. pada channel Republik Bobotoh TV, Firman menceritidaklahan perjalanan panjangnya sepertinya dimulai dengan bergabung di SSB Indonesia Muda Manado dan juga kemudian pindah ke SSB Bina Taruna Manado.

Selama menimba ilmu di level junior, Firman banyak mengalami masa pahit. Apalagi, tekadnya menjadi pesepak bola awalnya tidaklah mendapat dukungan dari kedua orang tuanya. Sejak kecil, Firman sudah merasakan kerasnya kehidupan. Ayahnya adalah seorang kuli bangunan sementara ibunya berjualan kue di pasar.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *