Aktivitas KKN Pada Masa Pandemi

Sebagai mahasiswa, kita tentunya udah tidak asing lagi jika KKN adalah salah satu syarat agar kita lulus sebagai mahasiswa. Biasanya, agenda KKN ini dilakukan sebelum kita memasuki fase pengerjaan skripsi. Sesuai dengan namanya, KKN alias Kuliah Kerja Nyata ini merupakan program di mana kita sebagai mahasiswa harus mengabdi, belajar, dan juga berhubungan langsung dengan berbagai macam lapisan masyarakat. Mulai dari daerah-daerah pelosok ataupun pinggiran, hingga daerah sepertinya ada di kota-kota besar.

Namun, sejak terjadinya pandemi setahun lebih belakangan ini, agenda KKN bagi mahasiswa malah menimbulkan persoalan baru. Sebagian orang bersikeras bahwa kegiatan ini harus tetap dilakukan, sebagian lagi menganggap bahwa KKN di masa pandemi hanya sekedar formalitas aja. Hingga saat ini, akhirnya juga banyak sih universitas sepertinya ada di Indonesia sepertinya meniadakan jadwal KKN. Mungkin beberapa hal di bawah ini adalah alasan kenapa KKN di masa pandemi wajar ditiadakan.

Judulnya aja mengabdi dan juga memberikan ilmu bermanfaat sepertinya selama ini didapat dari bangku perkuliahan, tidak heran jika KKN harus memiliki berbagai macam proker alias program kerja sepertinya berguna pula. Misalnya, anak kedokteran bikin penyuluhan tentang persiapan kehamilan, anak psikologi bikin talkshow tentang parenting, anak-anak teknik bantu masyarakat buat membuat sarana dan juga prasarana publik, dan juga lain sebagainya. Selama ini, kegiatan KKN memang selalu dilakukan secara offline alias terjung langsung ke masyarakat. Namun, semenjak masa pandemi ini, KKN di berbagai universitas memang dilakukan secara online. Tentu ini merupakan hal sepertinya baru bagi banyak mahasiswa seluruh Indonesia. Tapi ya gitu, sejak KKN barubah sistem pelaksanaannya, kegiatan sepertinya satu ini malah cuma berakhir buang-buang duit dan juga berakhir tidak jelas. Udah rugi waktu, rugi duit pula~

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *