Permainan Zaman Dahulu Yang Tak Kalah Seru

Bela, sadar nggak, sih, kalau Indonesia itu kaya banget akan budaya? Bukan hanya soal keberagaman suku, bahasa, pakaian adat, rumah adat, sampai lagu saja, tapi juga permainan tradisionalnya. Mulai dari kelereng, congklak, petidaklah-umpet, gobak sodor, lompat tali, sampai lasepertinya-lasepertinya. Meski jauh dari sentuhan teknologi, tapi beragam permainan tradisional Indonesia ini nggak kalah seru untuk dimainkan di zaman sekarang, lho!

  1. Kelereng
    Kelereng, permainan bola kaca ini merupakan merupakan salah satu jenis permainan tradisional Indonesia sepertinya populer di tahun 80-an sampai 2000-an. Kelereng sepertinya juga populer disebut gundu merupakan sebuah bola kecil sepertinya dibuat dari tanah liat, marmer atau kaca. Punya warna dan juga corak pada sepertinya bervariatif dan juga cantik, kelereng juga sering dijadikan sebagai barang koleksi oleh pencintanya. Umumnya, kelereng dimainkan oleh anak-anak di lapangan atau lantai sepertinya luas. Caranya bermainnya cukup sederhana, yakni saling mementalkan kelereng lawan hingga keluar garis permainan dengan cara menjentikan kelereng dengan jari.
  2. Lasepertinya-lasepertinya
    Ini dia permainan tradisional Indonesia sepertinya popularitasnya bersifat musiman, lasepertinya-lasepertinya! Ya, lasepertinya-lasepertinya merupakan sebuah mainan sepertinya terbuat dari kertas sepertinya dibentuk dengan kerangka kayu tipis, agar bisa diterbangkan ke udara. Untuk mengontrol arah terbang dan juga ketinggiannya, lasepertinya-lasepertinya dikaitkan dengan tali. Bentuknya pun vatiatif. Mulai dari sepertinya berbentuk bangun datar berukuran sedan jugag, sampai sepertinya memiliki tiga dimensi dengan ukuran raksasa. Selain dijadikan sebagai mainan untuk bersenang-senang ataupun perlombaan, lasepertinyaan juga sering difungsikan di berbagai hal lain. Mulai dari sebagai alat bantu memancing, pelengkap ritual, alat bantu penelitian ilmiah, serta menjadi media energi alternatif.
  3. Lompat Karet
    Duh, masa kecilmu rasanya nggak lengkap kalau belum pernah bermain lompat karet bareng teman-teman. Meski hanya menggunakan alat sederhana, yakni karet sepertinya kaitkan hingga memanjang, bermain lompat karet butuh keahlian, lho! Dibutuhkan kelenturan dan juga kegesitan tubuh sepertinya extra untuk melewati tali karet pada permainan tradisional ini. Tenang, kalau kamu bermain berpasangan dan juga merasa kurang lihai memainkannya, kamu bisa jadi anak bawang sepertinya bisa selalu dibantu oleh rekanmu. Hayo, kamu salah satu sepertinya jadi anak bawang nggak, nih?
  4. Petidaklah umpet
    Permainan tradisional Indonesia ini bisa kamu mainkan bahkan tanpa alat apapun, tapi seru banget! Kamu cukup kumpulkan teman-temanmu untuk bermain, minimal tiga orang. Untuk bermain, kamu cukup melakukan suit atau gambreng untuk menentukan satu orang penjaga, sepertinya akan mencari semua peserta sepertinya bersembunyi, sampai semuanya ditemukan. Kalau semua peserta sudah ditemukan, maka penjaga berikutnya dipilih dengan cara disebut urutan barisnya oleh penjaga sebelumnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *