Saat Melintas Semua KA Wajib Berhenti di Stasiun Cipeundeuy

Saat Melintas Semua KA Wajib Berhenti di Stasiun Cipeundeuy – Tak seperti stasiun kereta api lainnya, Stasiun Cipeundeuy yang terletak di Garut, Jawa Barat, memiliki keistimewaan tersendiri. Pasalnya, semua kereta api baik itu kelas ekonomi maupun eksekutif, diwajibkan berhenti di stasiun tersebut dan dilarang untuk berjalan langsung.

Hal tersebut tidak urung menimbulkan pertanyaan di kalangan masyarakat. Stasiun tersebut hanya stasiun kecil, seharusnya tidak masalah jika kereta api melintas tanpa harus berhenti. Namun, di balik kisah itu, ternyata ada alasan yang cukup vital di balik itu semua.

Stasiun Cipeundeuy yang merupakan stasiun kelas 2 itu memiliki letak yang cukup tinggi, yaitu 772 meter di atas permukaan laut. “Jadi dengan posisi yang cukup tinggi tersebut mengharuskan semua kereta api yang masuk ke stasiun tersebut untuk berhenti di sana,” tutur Kuwardoyo.

Saat berhenti, akan dilakukan pemeriksaan rem dan rangkaian kereta. Bukan tanpa alasan, kereta yang masuk ke Stasiun Cipeundeuy sebelumnya telah melewati tanjakan yang cukup curam dan akan melewati turunan yang juga curam “Sehingga harus dilakukan pemeriksaan guna memastikan pengereman dan rangkaian siap dan aman untuk melalui lokasi tersebut,” katanya.

Selain untuk pemeriksaan kereta, alasan berhenti di Stasiun Cipeundeuy juga dikarenakan melayani naik dan turun penumpang. Sejak Insiden kecelakaan kereta Api Pasundan Jurusan Bandung-Surabaya saat anjlok di sebuah jembatan antara lintasan Stasiun Cipeundeuy-Cirahayu, Tasikmalaya, Jumat (27/6/2014).

Rutinitas pengecekan kereta di Stasiun Cipeundeuy mulai dilakukan semenjak insiden kecelakaan kereta api pada 1995 silam. Saat itu, kereta api Galuh dan Kahuripan mengalami kecelakaan selepas Stasiun Cipeundeuy pada tengah malam didekat jembatan Trowek. Pada saat jalur menurun, rem kereta mengalami blong sementara kontur juga menanjak sehingga kereta akhirnya terperosok ke dalam jurang yang cukup dalam.

Kecelakaan itu menyebabkan, 20 orang tewas dan 90 orang lainnya luka berat dan ringan. Kebanyakan yang meninggal adalah penumpang yang panik dan melompat tanpa menyadari bahwa kereta berada di atas jurang. Sejak saat itulah, untuk menghindari kejadian serupa, semua kereta api baik yang akan ke timur maupun ke barat diwajibkan berhenti di Stasiun Cipeundeuy.

Stasiun Cipeundeuy adalah stasiun kereta api kecil yang terletak di Cinagara, Malangbong, Garut. Nama stasiun ini berasal dari kampung tempat stasiun ini dibangun oleh Pemerintah Kolonial Inggris berada. Stasiun ini berada di petak jalur selatan kereta api pulau Jawa antara Kota Bandung dan Kroya, Cilacap, dan terletak hanya 250 m dari jalan raya Bandung-Tasikmalaya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *