Villarreal vs Manchester United: Setan Merah Buas, Kapal Selam Kuning Kokoh

Villarreal vs Manchester United: Setan Merah Buas, Kapal Selam Kuning Kokoh – Villarreal dan Manchester United akan berhadapan pada partai puncak Liga Europa 2020/2021. Pertandingan ini akan dilakukan di Stadion Energa Gdansk Polandia, Kamis (27/05) dini hari WIB. Kapal Selam Kuning -julukan Villarreal- lolos ke partai puncak usai melewati adangan Arsenal di semifinal. Sementara, Setan Merah -julukan United- melaju ke final setelah menyingkirkan AS Roma. Bagi Villarreal dan Manchester United, pertandingan ini akan menjadi pertemuan kelima mereka. Pertemuan pertama Setan Merah dan Kapal Selam Kuning terjadi di Grup D Liga Champions musim 2005/2006. Bagaimana catatan statistik kedua tim tersebut jelang bertemu di partai puncak Liga Europa 2020/2021? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

Villarreal memulai perjalanan mereka di pertandingan ini dari fase grup. Mereka mendapat tiket ke pertandingan ini setelah menempati peringkat kelima di klasemen akhir La Liga musim 2019/2020. Tergabung di Grup I, bersama Maccabi Tel Aviv, Sivaspor, dan FK Qarabag, klub asal Spanyol ini mengakhiri fase grup di puncak klasemen dengan raihan 16 poin dari enam pertandingan. Kemudian, di fase gugur, Villarreal berturut-turut melewati adangan RB Salzburg, Dynamo kyiv, Dinamo Zagreb, dan Arsenal. Sepanjang perjalanan mereka, Kapal Selam Kuning sama sekali tidak terkalahkan. Mereka hanya sempat sekali bermain imbang di fase grup dan sekali lagi imbang di fase gugur. Sementara, United memulai perjalanan mereka di Liga Europa langsung dari fase gugur. Mereka mendapat tiket ke pertandingan ini setelah tersingkir dari pertandingan Liga Champions.

Selama perjalanan mereka di fase gugur Liga Europa, skuad besutan Ole Gunnar Solskjaer ini bertemu dengan Real Sociedad, AC Milan, Granada, dan AS Roma. Hasilnya, dari delapan pertandingan difase gugur, United meraih lima kemenangan, dua kali imbang, dan sekali kalah. Untuk urusan menciptakan peluang, Villarreal harus mengakui keunggulan Manchester United. Dalam delapan pertandingan mereka di fase grup, United memiliki nilai expected goals akumulatif sebesar 15,15. Artinya, dalam tiap pertandingan, Setan Merah memiliki nilai xG rata-rata sebesar 1,89. Sementara, dari 14 pertandingan mereka di Liga Europa, Villarreal memiliki nilai xG akumulatif sebesar 23,06. Artinya, dalam tiap pertandingan, Kapal Selam Kuning memiliki catatan xG rata-rata sebesar 1,048. Urusan menuntaskan peluang, kedua tim ini sama bagusnya.

Mereka mampu mencetak gol lebih banyak ketimbang nilai xG yang dimiliki. Namun, lagi-lagi, United lebih unggul ketimbang Villarreal dalam raihan rata-rata gol per pertandingan. Bruno Fernandes dan kawan-kawan mencetak 18 gol dari delapan pertandingan mereka di Liga Europa. Artinya, dalam tiap laga, United mencetak 2,25 gol. Sementara, dari 14 pertandingan yang dilaksanakan, Gerard Moreno dan kawan-kawan mencetak 30 gol. Artinya, dalam tiap pertandingan, rata-rata mereka mencetak 2,14 gol. Kalah soal urusan penyerangan, Villarreal unggul dari sisi pertahanan. Pertahanan Kapal Selam Kuning lebih kokoh ketimbang Setan Merah. Untuk urusan memberi lawan peluang, dari 14 pertandingan, Villarreal memiliki nilai expected goals against (xGA) sebesar 10,02.

Rata-rata, nilai xGA Villarreal dalam tiap pertandingan sebesar 0,71. Di sisi lain, dari delapan pertandingan yang mereka lakukan, United memiliki nilai xGA akumulatif sebesar 11,43. Rata-rata, nilai xGA Setan Merah dalam tiap pertandingan mereka sebesar 1,4, nyaris dua kali lipat dibanding Villarreal. Sementara, urusan kebobolan pun, United juga harus mengakui keunggulan Villarreal. Sejauh ini, gawang United kebobolan enam gol dari delapan pertandingan. Artinya, rata-rata, dalam tiap pertandingan, gawang United bobol 0,75 kali. Di sisi lain, dari 14 pertandingan, gawang Villarreal delapan kali kebobolan. Artinya, dalam tiap pertandingan, skuad besutan Unai Emery ini kebobolan 0,57 kali.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *