Pada Seri Pertama Liga 1Persija Tidak Bisa Bermain di SUGBK, Stadion Madya, dan Stadion Patriot

Pada Seri Pertama Liga 1Persija Tidak Bisa Bermain di SUGBK, Stadion Madya, dan Stadion Patriot – Persija Jakarta dipastikan tidak akan bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Stadion Madya, Jakarta, dan Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi pada seri pertama Liga 1 2021. Ketiga stadion itu dianggap sebagai homebase tim berjulukan Macan Kemayoran itu. PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengatur tuan rumah untuk tidak bermain di kandangnya pada Liga 1 musim ini.

Contohnya Persija Jakarta, yang rutin bertanding di SUGBK dan Stadion Patriot. Marko Simic dkk juga sempat bermarkas di Stadion Madya. “Misalnya Persija Jakarta, tidak mungkin memakai SUGBK dan Stadion Madya. Stadion Patriot juga karena ketiga stadion itu kan homebase-nya Persija,” kata Direktur Operasional PT LIB.

“Yang jelas Persija Jakarta tidak mungkin bermain di SUGBK, Stadion Madya, dan Stadion Patriot. Kemungkinan untuk klub lain, bisa bermain di tiga stadion tersebut,” katanya. Persija Jakarta akan membuka Liga 1 dengan melawan PSS Sleman di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, pada 9 Juli 2021.

Tidak hanya Persija Jakarta, beberapa tim lainnya yang berasal dari Banten dan Jawa Barat juga tidak bisa bermain di wilayahnya masing-masing. Semisal Persib Bandung, tidak dapat bertanding di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung. Pun begitu Persita Tangerang dan Persikabo 1973, diatur untuk tidak beraksi di Stadion Benteng Taruna, Tangerang dan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Stadion di ibu kota menghilang pada draf jadwal Liga 1. Padahal, seri pertama kompetisi akan digelar di Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Dalam draf jadwal yang berjudul “Skema Double Round Robin Liga 1 2021-2022”, enam stadion bakal menjadi tuan rumah untuk seri pertama Liga 1.

Keenam stadion tersebut tersebar di Banten dan Jawa Barat meliputi Stadion Benteng Taruna, Tangerang, Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung. PT LIB berencana akan tetap memakai stadion di DKI seperti SUGBK dan Stadion Madya sebagai tuan rumah seri pertama Liga 1. Sebab, penggunaan stadion lain masih bisa berubah bergantung dengan situasi.

Stadion Patriot Candrabhaga, misalnya, yang saat ini disulap oleh Pemerintah Bekasi menjadi rumah sakit darurat untuk pasien virus corona. Stadion Pakansari juga dimanfaatkan untuk vaksinasi COVID-19. “Kami kan akan menyurat ke pengelola stadion dalam hal ini. Apakah stadionnya bisa dipakai atau tidak. Makanya, kami bersurat dulu ke pengelola stadion. Kalau dipakai Satgas COVID-19, artinya tidak bisa dipakai,” ujar Sudjarno.

“Kami ada beberapa alternatif stadion yang akan kami pakai. Itu menjadi pertimbangan. Makanya di klaster pertama itu, ada 8-9 stadion, namun yang kami pakai cuma 4-5 stadion. Ini menjadi pertimbangan kami untuk bisa menggeser venue sebagai antisipasi,” terang mantan Kapolda Lampung itu. Sudjarno berjanji akan merilis jadwal tetap untuk Liga 1 pada pekan depan setelah menjadwalkan manajer meeting’s bersama peserta.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *