Manfaat Vitamin D bagi Pasien Covid-19

Manfaat Vitamin D bagi Pasien Covid-19 – Seseorang yang terinfeksi virus corona sangat penting menjaga daya tahan tubuh dan imunitasnya selama menjalani perawatan dan pemulihan. Saat terkonfirmasi positif Covid-19, usahakan untuk tetap tenang agar bisa mengambil langkah penanganan yang tepat.

Termasuk mencari informasi seputar obat-obatan yang harus dikonsumsi agar cepat pulih kembali. Menurut IDAI Dokter spesialis paru dari Divisi Infeksi Departemen Pulmonologi dari Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc SpP(K) menganjurkan sejumlah vitamin untuk orang yang terinfeksi Covid-19.

“Kalau ada gejala ringan, minum vitamin C, vitamin D, dan ditambah antivirus yang diresepkan oleh dokter. Jangan tentukan sendiri,” ujarnya dalam Webinar bertajuk “Isolasi Mandiri Pasien Covid”, Jumat (2/7/2021).

Selain mengonsumsi obat dan vitamin, pasien Covid-19 juga disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat dan seimbang serta rutin olahraga ringan. Aktivitas tersebut dilakukan dengan tujuan meningkatkan sistem imun untuk melawan virus yang sedang menginfeksi tubuh.

Sumber vitamin D Dosen dan peneliti dari Departemen Kesehatan Gizi Universitas Gadjah Mada (UGM), Dr Toto Sudargo, SKM., M.Kes, mengatakan, sumber vitamin D berasal dari tubuh manusia dan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. “Sesungguhnya vitamin D bersumber dari hormon tubuh kita. Selain itu bersumber dari makanan,” kata Toto

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *