8 Cara Alami Meredakan Mual dan Muntah Gejala Covid-19

8 Cara Alami Meredakan Mual dan Muntah Gejala Covid-19 – Ada beragam gejala ketika seseorang terinfeksi Covid-19, salah satunya adalah gangguan pencernaan berupa mual-mual juga muntah. Sebuah studi di University of Southern California menggunakan permodelan matematika untuk memprediksi urutan kemungkinan gejala Covid.

Studi yang dilakukan terhadap 55.924 orang tersebut menghasilkan gejala infeksi Covid-19 memiliki urutan dari demam, batuk, mual dan muntah hingga diare. Gejala mual tentu saja membahayakan, karena membuat pasien Covid-19 menjadi susah makan atau menurun selera makannya.

Ketika selera makan turun, maka asupan nutrisi dan gizi yang bisa menjadi bahan bakar bagi tubuh melawan virus akan turun drastis. Akibatnya, penyakit akan lebih lama bertahan di dalam tubuh karena sistem imun melemah. Untuk mengatasi mual dan muntah, Anda bisa menggunakan cara dan bahan alami berikut ini:

  1. Latihan pernapasan
    Latihan pernapasan dan melakukan peregangan untuk mengatasi stres. Anda bisa meringankan gejala mual-mual dengan cara melatih pernapasan panjang. Yaitu mengambil oksigen sebanyak-banyaknya dari hidung dan memasukkannya ke paru-paru hingga paru terasa penuh. Kemudian keluarkan lewat mulut atau hidung secara perlahan-lahan, dan istirahatkan perut selama jeda pernapasan. Menurut penelitian, latihan pernapasan dengan cara mengatur diafragma bisa mengaktifkan Parasympathetic Nervous System (PNS). PNS adalah bagian yang mengatur fungsi tubuh seperti pencernaan dan buang air kecil.
  2. Makan biskuit asin
    Biskuit kering dan asin bisa membantu mengurangi gejala mual-mual. Kadar garam dalam biskuit bisa menyerap kelebihan asam dalam lambung yang menyebabkan mual dan keinginan untuk muntah. Setiap pagi, cobalah makan biskuit ini 15 menit sebelum Anda beranjak bangun dari tempat tidur. Cara ini berhasil diterapkan untuk mengatasi morning sickness pada ibu hamil.
  3. Minum lebih banyak air
    Jika Anda muntah-muntah, jaga keseimbangan cairan pada tubuh dengan minum lebih banyak. Minumlah minuman hangat secara perlahan namun dalam frekuensi yang cukup sering. Jangan minum sekali langsung banyak, karena justru bisa memicu mual lebih kuat. Anda bisa mencoba minuman yang nyaman di perut seperti jahe panas, teh mint, juga lemon hangat. Dalam sebuah studi tahun 2016 dikatakan bahwa jahe efektif digunakan untuk mencegah dan mengatasi mual-mual pada ibu hamil dan pasien kemoterapi.
  4. Menghirup irisan lemon
    Sebuah studi juga mengatakan bahwa aroma segar dari lemon bisa digunakan untuk meredakan mual-mual dalam gangguan pencernaan. Jadi irislah sepotong kecil lemon kemudian hiruplah dalam-dalam aroma asam segarnya. Ketika buah lemon diiris, lemon secara otomatis akan mengeluarkan bau-bauan mirip aroma terapi yang menenangkan.
  5. Menambahkan bumbu rempah pada minuman
    Kayu manis dan jintan juga bisa digunakan untuk menyembuhkan gangguan lambung seperti mual dan hilangnya napsu makan. Bubuk kayu manis mengurangi rasa mual yang ada, sedangkan jintan bisa mengatasi berbagai gangguan pencernaan seperti diare, muntah dan konstipasi. Cara mengaplikasikannya adalah dengan menambahkan bubuk kayu manis atau jintan ke dalam secangkir minuman hangat Anda.
  6. Mengonsumsi vitamin B6 Lihat
    Vitamin B6 adalah suplemen yang sering diberikan kepada wanita hamil untuk mengatasi morning sickness. Vitamin ini memang terbilang efektif digunakan untuk mencegah dan mengatasi gejolak asam lambung yang bisa menyebabkan mual dan muntah.
  7. Berbaring dengan kepala lebih tinggi dari perut Ketika mual menyerang, jangan berbaring telentang dengan posisi kepala sejajar dengan perut. Karena hal ini akan membuat mual semakin menjadi-jadi. Gunakan gravitasi untuk mencegah asam lambung naik ke mulut. Caranya, dengan berbaring dan meletakkan kepala di atas bantal sehingga posisi kepala tak sejajar dengan perut. Atau duduk dengan berselonjor kaki dan menopangkan punggung ke tumpukan bantal-bantal. Posisi-posisi ini bisa secara alami mengurangi rasa mual yang bergejolak di dalam lambung.
  8. Hindari makanan pedas dan berlemak
    Makanan pedas dan berlemak justru bisa merangsang produksi asam lambung lebih tinggi. Jadi untuk mengurangi mual, konsumsilah sajian dalam takaran kecil dan yang mengandung banyak karbohidrat atau protein. Seperti pisang, biskuit kering, kentang, atau nasi. Makanan-makanan ini aman untuk lambung yang tengah bermasalah. Dan bisa mengurangi gejala mual yang menyiksa. Mual adalah gangguan pencernaan yang sangat menganggu dan bisa berimbas ke menurunnya selera makan. Delapan tips di atas adalah cara aman meredakan mual tanpa menggunakan obat-obatan kimia.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *