Barcelona Tidak Lagi Diperkuat Lionel Messi, 3 Hal ini Akan Berbeda

Barcelona Tidak Lagi Diperkuat Lionel Messi, 3 Hal ini Akan Berbeda – Berakhir sudah 17 tahun kebersamaan Barcelona dengan Lionel Messi. Bintang Argentina itu kini benar-benar sudah bukan pemain Barcelona lagi. Tentunya sebuah fakta mencengangkan, pasalnya Barcelona sangat identik dengan Lionel Messi begitu sebaliknya.

Tidak bisa dibantah, Barcelona pasca-Messi adalah Barcelona yang berbeda. Banyak hal yang akan berubah. Ada setidaknya tiga hal yang takkan sama lagi di Barcelona di era baru tanpa Messi. Seperti dilansir Marca, simak ulasannya di bawah ini.

Joan Laporta telah mengungkapkan bahwa sepertiga dari total pendapatan Barcelona disumbangkan oleh Lionel Messi. Pemasukan-pemasukan itu datang dari beragam sektor, baik sponsor, tiket pertandingan, maupun penjualan jersey. Sebagai gambaran, delapan dari sepuluh jersey Barcelona yang terjual adalah jersey Messi.

Menurut perkiraan, dari Messi saja, Barcelona bisa mendapatkan pemasukan 250-300 juta euro per tahun. Di masa sulit seperti sekarang ini, bakal seperti apa kondisi ekonomi Barcelona tanpa Messi? Sederhananya, tanpa Messi, pemasukan rutin Barcelona berpotensi berkurang drastis.

Selama 17 tahun di Barcelona, Messi telah memberikan banyak hal. Pencapaiannya sungguh luar biasa. Messi menjadi top skor, pemain dengan jumlah penampilan terbanyak, paling bergelimang gelar, dan telah memenangi paling banyak pertandingan dalam sejarah Barcelona. Dalam 778 pertandingan bersama Barcelona, Messi mencetak 671 gol dan merancang 305 assist.

Dia membantu Barcelona meraih 35 gelar juara, termasuk empat Liga Champions, sepuluh La Liga, dan tiga Piala Dunia Antarklub FIFA. Hampir dua dekade membela Barcelona, Messi sudah memecahkan berbagai rekor. Siapa yang bisa menyamai, atau bahkan sekadar mendekati semua pencapaian dan statistik sang pemenang enam trofi Ballon d’Or itu?

Selama 17 tahun terakhir, Messi sudah sangat identik dengan Barcelona. Saat kita bicara Barcelona, kita pasti bicara tentang Messi. Dia sudah menjadi ikon klub. Selain menjadi panutan para pemain, terutama pemain-pemain muda, Messi juga menghadirkan jutaan fans bagi Barcelona.

Singkatnya, banyak yang mendukung Barcelona karena Messi. Para pendukung Barcelona pun tak cuma berasal dari Spanyol, tapi tersebar di seluruh dunia. Sekarang, setelah mereka berpisah dengan Messi, bukan tidak mungkin banyak penggemar-nya yang juga berhenti mendukung Barcelona.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *