Benarkah Kartu Vaksin Covid-19 Jadi Syarat Akses Tempat Umum?

Benarkah Kartu Vaksin Covid-19 Jadi Syarat Akses Tempat Umum? – Pemerintah berencana membuat kartu vaksin Covid-19 menjadi syarat masyarakat untuk mengakses tempat umum. Hal itu diutarakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Menurutnya penerapan kebijakan tersebut nantinya akan dilakukan secara bertahap.

Kartu tanda divaksinasi Covid-19 itu disebut Luhut juga bakal jadi syarat untuk masuk ke pusat perbelanjaan dan restoran. “Jadi nanti kalian pergi ke restoran tidak pakai ini, tolak. Belanja tidak pakai ini, tolak. Karena ini demi keselamatan kita semua,” katanya. “Sekarang kita mau pelan-pelan orang yang mau masuk Malioboro harus punya kartu vaksin.

Orang yang masuk Malioboro harus pakai ini (kartu vaksin),” kata Luhutsetelah memantau pelaksanaan vaksinasi di Gedung Setda Sleman, Jumat (6/8/2021). Sementara itu, pada hari yang sama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan aturan baru mengenai penggunaan sertifikat vaksinasi Covid-19 sebagai syarat berkegiatan di area pulik khususnya di Ibu Kota.

Aturan tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur Nomor 966 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4 Covid-19 yang diteken pada 3 Agustus 2021. Dalam Kepgub tersebut, Anies mewajibkan setiap orang yang melakukan aktivitas di sektor-sektor yang telah ditetapkan, harus sudah divaksin Covid-19 minimal dosis pertama.

“Kecuali, bagi warga yang masih dalam masa tenggang 3 bulan pasca terkonfirmasi Covid-19, dapat menunjukkan bukti hasil laboraturium, dan penduduk yang kontraindikasi dilakukan vaksinasi Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan medis dapat menunjukkan bukti surat keterangan dokter, serta anak-anak usia kurang dari 12 tahun,” bunyi diktum keempat dalam Kepgub tersebut. Kepgub itu dikeluarkan sehubungan dengan penerapan PPKM Level 4 yang kembali diperpanjang hingga 9 Agustus mendatang. Selain itu, aturan tersebut juga tertuang dalam SK Kadisparekraf Nomor 495 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM Level 4 pada Sektor Usaha Pariwisata.

Setidaknya ada lima kegiatan publik yang mengharuskan masyarakat menunjukkan sertifikat atau kartu vaksin Covid-19. Berikut 5 aktivitas publik yang wajib menunjukkan kartu vaksin Covid-19 di DKI Jakarta.

  1. Karyawan dan pengunjung hotel dan guest house.
  2. Karyawan dan pengunjung di restoran, rumah makan, warteg, atau kafe yang sudah diizinkan untuk beroperasi selama PPKM Level 4.
  3. Karyawan dan pengunjung salon dan barbershop (tukang pangkas rambut) yang usahanya berada pada lokasi tersendiri.
  4. Keluarga, tamu undangan, dan petugas dalam pelaksanaan akad nikah di hotel dan gedung pertemuan.
  5. Pelaku perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor, dan transportasi umum jarak jauh, seperti pesawat udara, bis, kapal laut, dan kereta api.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *