Terakhir Liga Spanyol Tanpa Lionel Messi, Barcelona dan Real Madrid Jadi Pecundang

Terakhir Liga Spanyol Tanpa Lionel Messi, Barcelona dan Real Madrid Jadi Pecundang – Terakhir kali Liga Spanyol tanpa kehadiran Lionel Messi, dua klub raksasa LaLiga, Barcelona dan Real Madrid, menjadi pecundang. Kisah manis antara Lionel Messi dan Barcelona resmi berakhir pada musim panas 2021. Barcelona tidak mampu mengontrak kembali Lionel Messi yang telah berstatus bebas transfer per 1 Juli 2021. Penyebabnya adalah masalah finansial dan aturan dari Liga Spanyol.

Pembatasan anggaran gaji yang ditetapkan LaLiga selaku penyelenggara Liga Spanyol membuat Barcelona tidak berdaya untuk mengikat Messi. Situasi tersebut membuat La Pulga meninggalkan klub yang telah dibelanya selama 21 tahun tersebut.

Paris Saint-Germain menjadi pelabuhan baru bagi Messi yang telah diresmikan pada Selasa (11/8/2021) waktu setempat atau Rabu dini hari WIB. Pencinta sepak bola, terutama Liga Spanyol, tentunya kecewa berat seiring ketiadaan Lionel Messi di Barcelona.

Terakhir kali LaLiga bergulir tanpa kehadiran Messi terjadi pada musim 2003-2004. Momen tersebut terjadi 17 tahun lalu lantaran Messi baru melakoni debut di Liga Spanyol pada Oktober 2004. Skuad Barcelona pada pertandingan pramusim menjelang bergulirnya kompetisi 2003-2004.

Mundur ke belakang pada musim 2003-2004, skuad El Barca masih tergolong mumpuni meski tanpa keberadaan Messi. Barcelona, yang diasuh Frank Rijkaard, masih diperkuat oleh sejumlah nama beken seperti Carles Puyol, Rafael Marquez, Thiago Motta, Patrick Kluivert, dan Ronaldinho.

Namun, nama-nama tenar tadi justru tidak berdaya dalam membantu Barcelona merengkuh gelar Liga Spanyol pada masa tersebut. Bahkan, rival Barcelona seperti Atletico Madrid dan Real Madrid juga menjadi pecundang dalam perebutan gelar LaLiga 2003-2004. Valencia racikan Rafael Benitez muncul sebagai penguasa Spanyol berkat torehan 77 poin dari 38 pertandingan. Barcelona hanya menjadi runner-up, tertinggal lima angka dari Valencia di klasemen akhir. Barcelona, Real Madrid, terdampar di peringkat keempat dengan hanya mengoleksi 70 poin.

Padahal El Real telah memiliki Iker Casillas, David Beckham, Zinedine Zidane, Luis Figo, Roberto Carlos, Ronaldo, dan Raul Gonzalez dalam skuad berjuluk Los Galacticos. Atletico Madrid, yang menjadi juara LaLiga 2020-2021, saat itu terdampar di peringkat ketujuh. Terlepas dari tahun spektakuler yang diraih Valencia, 15 tahun berselang ditandai dengan dominasi dua kelompok.

Persaingan tidak hanya melibatkan Barcelona dan Real Madrid, tetapi juga Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Namun, kedua megabintang sekarang telah pergi mengambil jalan masing-masing, di mana Cristiano Ronaldo memilih bermain bersama Juventus dan Messi ke PSG.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *