Cara Mengecek Masker Medis Ini Asli dan Masker Palsu

Cara Mengecek Masker Medis Ini Asli dan Masker Palsu – Penggunaan masker medis kini menjadi kebutuhan sehari-hari saat pandemi. Seiring dengan meningkatnya permintaan dan kebutuhan terhadap masker, di pasaran ditemukan pula masker-masker palsu dengan harga yang bersaing. Sekilas, bentuknya mirip masker asli. Bagaimana membedakan masker medis asli dan palsu?

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 RS UNS Surakarta, dr Tonang Dwi Ardyanto, menjelaskan, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek ada tidaknya izin edar. Biasanya izin edar tertera pada kemasan. Informasi izin edar bisa diverifikasi melalui website: https://infoalkes.kemkes.go.id. Jika kemasan masker sudah rusak atau kusam, sebaiknya tidak diterima. “Jangan diterima ya (jika kemasan rusak). Artinya berisiko.

Daripada risiko, jangan diterima,” kata Tonang. Masker Longgar Rawan Tembus Cek tekstur masker Dihubungi terpisah, dokter spesialis paru di RS Harapan Bunda, dr. Eva Sri Diana, SpP. menjelaskan, untuk membedakan masker asli dan masker yang palsu bisa dilihat dari teksturnya. “Teksturnya bisa dilihat, aslinya lebih halus, jahitannya rapi,” kata Eva .

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *