Apa Beda Windows 11 dan Windows 10?

Apa Beda Windows 11 dan Windows 10? – Windows 11 sudah bisa di-download secara gratis mulai hari ini, Selasa (5/10/2021). Hal itu disampaikan Chief Product Officer Windows + Devices, Panos Panay. “Hari ini menandai tonggak sejarah Windows. Pada 5 Oktober, di setiap zona waktu di seluruh dunia, Windows 11 mulai tersedia melalui update gratis di Windows 10 yang memenuhi syarat,” demikian Panos. Untuk melakukan update ke Windows 11, ada sejumlah ketentuan yang harus dipenuhi perangkat.

PCMag, berikut syarat update Windows 11: Memiliki setidaknya 4 GB memori sistem (RAM) Memiliki setidaknya ruang penyimpanan 64 GB Prosesor AMD atau Intel atau Qualcomm Proseseor grafis kompatibel dengan DirectX 12 dan Windows Display Driver Model (WDDM) 2.0 atau lebih tinggi Memiliki chip keamanan Trusted Platform Module 2.0 Dengan syarat-syarat di atas, tidak semua PC bisa memenuhinya. Untuk perangkat tidak memenuhi persyaratan, bisa tetap menggunakan versi Windows sebelumnya yakni Windows 10. Apa beda Windows 10 dengan Windows 11?

  1. Desain dan antarmuka
    desain antarmuka Windows 11 lebih terlihat mirip dengan Mac OS yang bersih dengan sudut-sudut membulat dan warna bernuansa pastel. Menu ikon “Start” pada Windows 11 juga berada di tengah layar bersama dengan Taskbar. Meski demikian, pengguna bisa mengembalikannya lagi ke sisi kiri seperti yang ada pada Windows 10.
  2. Integrasi aplikasi Android Aplikasi Android akan bisa dinikmati di Windows 11. Pada Windows 10, sejumlah aplikasi Android memang bisa dijalankan. Akan tetapi, perlu cara-cara khusus untuk melakukannya. Integrasi Android dengan Windos 11 ini merupakan hal yang ditunggu sejak lama oleh banyak pengguna.
  3. Dekstop Virtual Windows 11 memungkinkan pengguna untuk membuat desktop virtual yang lebih mudah seperti pada Mac. Dengan dekstop virtual ini, maka pengguna bisa memberikan tampilan yang berbeda saat PC digunakan untuk keperluan pribadi, kantor, sekolah, atau game. Pada Windows 10, hal ini juga bisa dilakukan tetapi pengaturannya lebih sulit.
  4. Widget Windows 11 memiliki pilihan widget baru yang didukung oleh Microsoft Edge dan AI. Widget ini bisa diakses ketika kursor diarahkan ke sisi kiri layar. Widget bisa membantu memudahkan untuk melihat informasi cuaca, berita, dan sebagainya dalam bentuk kilasan.
  5. Integrasi dengan Teams Microsoft kini mengintegrasikan layanan Teams di dalam Windows 11. Pada Windows 11 akan ada tombol khusus yang dapat diakses pengguna dari desktop. Dengan layanan Teams, pengguna bisa melakukan panggilan video, teks, atau suara kepada pengguna lain.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *