Bahaya Overhidrasi atau Terlalu Banyak Minum

Bahaya Overhidrasi atau Terlalu Banyak Minum – Setiap sel dalam tubuh kita membutuhkan air untuk bisa bekerja secara maksimal. Karena hal itulah, banyak-banyak minum air putih selalu disarankan oleh ahli medis. Karena ketika kita mengonsumsi cairan dalam kadar yang ideal, maka metabolisme tubuh akan berjalan dengan lancar. Banyak minum air putih bisa berkhasiat melancarkan saluran cerna, mempercepat penyembuhan, mencegah dehidrasi, menstabilkan berat badan dan masih banyak lagi.

Namun awas, ada bahaya menyelinap ketika kita terlalu berlebihan minum atau mengonsumsi cairan. Kebanyakan minum atau overhidrasi bisa menyebabkan water intoxication atau keracunan air. Proses ini bisa menyebabkan kebingungan, disorientasi, mual dan muntah hingga pembengkakan otak. Water intoxication atau keracunan air bisa mengganggu keseimbangan elektrolit tubuh, proses ini bisa menyebabkan gangguan pada kerja atau fungsi otak.

Melansir dari Medical News Today, ketika kita overhidrasi maka cairan di dalam darah akan bertambah banyak. Cairan ini akan mencairkan elektrolit tubuh terutama sodium. Ketika level sodium drop inilah, berbagai gangguan pada fungsi otak akan muncul. Sodium sendiri bekerja menyeimbangkan cairan di dalam dan di luar sel. Ketika level sodium drop dan turun drastis, maka cairan dari luar sel akan masuk ke dalam sel dan menyebabkan pembengkakan. Ketika pembengkakan itu terjadi pada sel-sel di dalam otak, maka bahaya yang fatal bisa mengintai.

Gejala overhidrasi Ketika kita terlalu banyak minum atau overhidrasi dan sel-sel pada otak mulai membengkak, maka tekanan di dalam tengkorak akan semakin besar. Hal ini akan menyebabkan beberapa gangguan seperti sakit kepala, mual, dan kemudian muntah. Beberapa gejala lain dari water intoxication adalah kelelahan dan mengantuk, kram otot, tekanan darah yang naik, pandangan ganda, kebingungan, tidak bisa fokus, dan kesulitan bernapas.

Dalam kasus yang parah, kebanyakan minum hingga terjadi water intoxication bisa menyebabkan kejang, kerusakan otak, hingga koma dan kematian. Meski kasus ini sangat langka, namun ada catatan kasus water intoxication yang bisa menyebabkan kefatalan. Over hidrasi jarang terjadi. Beberapa kasus yang ada mencatat bahwa kejadian ini sering menimpa mereka yang berolahraga terlalu ekstrem dan orang-orang dengan gangguan kesehatan mental. Jadi agar Anda tidak sakit kepala dan mual muntah karena kebanyakan cairan, batasi aktivitas fisik yang menguras tenaga, dan ambillah minum dengan porsi yang sewajarnya saja.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *